Kompas.com - 18/05/2012, 15:33 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Sejak awal April lalu, Google telah memamerkan proyek kacamata pintar masa depan, yang disebut Project Glass. Untuk menjadi bagian kekayaan intelektual perusahaan, Google pun mematenkan desain produk tersebut.

Perusahaan mesin pencari terbesar di internet ini memanfaatkan teknologi augmented reality. Proyek yang awalnya hanya sebuah konsep ini lantas diwujudkan dengan proyek nyata. Google mematenkan produk tersebut pada US Patent & Trademark Office, Patent Full Text and Image Database melalui dokumen 1, 2, dan 3.

Sebelumnya, salah seorang pendiri Google, Sergey Brin, mengenakan prototipe kacamata pintar di sebuah acara amal pada awal April 2012.

Setelah Brin, sekarang giliran Sebastian Thrun yang pamer kemampuan kacamata pintar. Pendiri sekaligus kepala Google X—yang bertanggung jawab atas Google Project Glass—ini memamerkan foto hasil jepretan kamera yang ada di kacamata pintar Google.

Dalam video konsep yang berjudul Project Glass: One day... di YouTube, Google menunjukkan bagaimana kacamata pintar mampu memotret, menunjukkan arah melalui Google Map, check-in lokasi, membuat jadwal janji, bahkan melakukan video chatting. Semua aktivitas itu kelak akan muncul di lensa, tepat di depan mata penggunanya.

Berikut video konsep proyek augmented reality yang dikerjakan Google saat ini:

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.