75 Mahasiswa IPB Dilibatkan Pelihara Hutan Bakau

Kompas.com - 18/05/2012, 22:13 WIB
EditorBenny N Joewono

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 75 mahasiswa Institut Pertanian Bogor dilibatkan dalam penanaman sekaligus pemeliharaan hutan bakau atau mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk, Jakarta Utara.

"Para mahasiswa itu adalah mereka yang saat ini memperoleh beasiswa dari Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui Karya Salemba Empat (KSE)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Koesmaryono di Bogor, Jumat (18/5/2012).

Ia menjelaskan, PT PGN (Persero) Tbk bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengadakan penanaman mangrove pada 47 "guludan" di kawasan hutan tol Sedyatmo, Angke Kapuk, Jakarta.

Aksi penanaman bertema "Hijau Negeriku, Lestari Alamku" itu dilakukan dalam rangkaian dukungan bagi program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dikemukakannya bahwa penanaman mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk itu menggunakan teknik "guludan" yang dikembangkan oleh pakar mangrove IPB Prof Cecep Kusmana.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Prof Cecep Kusmana yang menciptakan inovasi ’guludabn’, sehingga dengan penemuan itu, kita dapat merehabilitasi tanaman kita," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud untuk merehabilitasi ekosistem hutan bakau di wilayah pesisir Angke Kapuk, Jakarta agar ekosistem di wilayah tersebut dapat berfungsi optimal dalam perlindungan lingkungan pesisir.

Menurut dia, hal tersebut bertujuan memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir di sekitar Angke Kapuk khususnya dan masyarakat pesisir DKI Jakarta pada umumnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara H Bambang Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada IPB dan PGN sebagai penyelamat warga Jakarta.

Ia mengatakan, ekosistem hutan bakau mempunyai berbagai fungsi ekologis dan sosial-ekonomis, yang berperan penting untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jasa lingkungan.

Selain itu, juga dapat membangkitan kualitas hidup masyarakat pesisir di sekitar hutan bakau tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.