Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75 Mahasiswa IPB Dilibatkan Pelihara Hutan Bakau

Kompas.com - 18/05/2012, 22:13 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Sebanyak 75 mahasiswa Institut Pertanian Bogor dilibatkan dalam penanaman sekaligus pemeliharaan hutan bakau atau mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk, Jakarta Utara.

"Para mahasiswa itu adalah mereka yang saat ini memperoleh beasiswa dari Perusahaan Gas Negara (PGN) melalui Karya Salemba Empat (KSE)," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB Prof Yonny Koesmaryono di Bogor, Jumat (18/5/2012).

Ia menjelaskan, PT PGN (Persero) Tbk bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB mengadakan penanaman mangrove pada 47 "guludan" di kawasan hutan tol Sedyatmo, Angke Kapuk, Jakarta.

Aksi penanaman bertema "Hijau Negeriku, Lestari Alamku" itu dilakukan dalam rangkaian dukungan bagi program penanaman satu miliar pohon yang dicanangkan oleh pemerintah.

Dikemukakannya bahwa penanaman mangrove di kawasan pesisir Angke Kapuk itu menggunakan teknik "guludan" yang dikembangkan oleh pakar mangrove IPB Prof Cecep Kusmana.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Prof Cecep Kusmana yang menciptakan inovasi ’guludabn’, sehingga dengan penemuan itu, kita dapat merehabilitasi tanaman kita," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud untuk merehabilitasi ekosistem hutan bakau di wilayah pesisir Angke Kapuk, Jakarta agar ekosistem di wilayah tersebut dapat berfungsi optimal dalam perlindungan lingkungan pesisir.

Menurut dia, hal tersebut bertujuan memberikan manfaat sosial ekonomi bagi masyarakat pesisir di sekitar Angke Kapuk khususnya dan masyarakat pesisir DKI Jakarta pada umumnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara H Bambang Sugiono menyampaikan apresiasinya kepada IPB dan PGN sebagai penyelamat warga Jakarta.

Ia mengatakan, ekosistem hutan bakau mempunyai berbagai fungsi ekologis dan sosial-ekonomis, yang berperan penting untuk pemeliharaan dan peningkatan kualitas jasa lingkungan.

Selain itu, juga dapat membangkitan kualitas hidup masyarakat pesisir di sekitar hutan bakau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com