Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Kampanye Anti "Bullying" dengan Sepak Bola

Kompas.com - 19/05/2012, 21:46 WIB
Wisnu Aji Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 15 tim sepak bola putri dari 15 SMA/SMK se-DKI Jakarta akan bertanding memperebutkan Piala Plan Indonesia yang tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua. Turnamen sepak bola khusus putri itu berlangsung di Stadion Su mantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta 19-27 Mei 2012.

Sama seperti tahun sebelumnya, turnamen sepak bola putri ini dalam rangka kampanye Learn Without Fear atau belajar tanpa rasa takut yang merupakan program Plan Indonesia. Belajar tanpa rasa takut adalah salah satu program kampanye Plan Indonesia untuk mencegah terjadinya kekerasan di sekolah atau bullying yang belakangan merebak di Indonesia.

Turnamen Plan Indonesia diramaikan kehadiran dua mantan pemain tim nasional putri Belanda yaitu Hesterline De Reus dan Gilanne Louwaars yang akan memberikan pelatihan sepak bola.

Manajer Program Plan Indonesia Amrullah, Sabtu (19/5/2012), mengatakan, pihaknya memilih sepak bola sebagai media kampanye karena sepak bola adalah olahraga populer sekaligus menciptakan suasana yang menyenangkan.

"Bayangkan kalau anak-anak itu duduk di kelas mendengarkan penjelasan tentang bullying, pasti membosankan. Mengapa sasarannya anak perempuan, karena kami ingin anak perempuan juga berperan mencegah bullying di sekolah," kata Amrullah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Ratiyono menuturkan, turnamen sepak bola putri Plan Indonesia jangan hanya berlangsung tiga kali dalam tiga tahun, tapi perlu dilanjutkan. Ke depan, semboyan belajar tanpa rasa takut akan menjadi sistem pembelajaran di sekolah-sekolah di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com