Yuk Kampanye Anti "Bullying" dengan Sepak Bola

Kompas.com - 19/05/2012, 21:46 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebanyak 15 tim sepak bola putri dari 15 SMA/SMK se-DKI Jakarta akan bertanding memperebutkan Piala Plan Indonesia yang tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua. Turnamen sepak bola khusus putri itu berlangsung di Stadion Su mantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta 19-27 Mei 2012.

Sama seperti tahun sebelumnya, turnamen sepak bola putri ini dalam rangka kampanye Learn Without Fear atau belajar tanpa rasa takut yang merupakan program Plan Indonesia. Belajar tanpa rasa takut adalah salah satu program kampanye Plan Indonesia untuk mencegah terjadinya kekerasan di sekolah atau bullying yang belakangan merebak di Indonesia.

Turnamen Plan Indonesia diramaikan kehadiran dua mantan pemain tim nasional putri Belanda yaitu Hesterline De Reus dan Gilanne Louwaars yang akan memberikan pelatihan sepak bola.

Manajer Program Plan Indonesia Amrullah, Sabtu (19/5/2012), mengatakan, pihaknya memilih sepak bola sebagai media kampanye karena sepak bola adalah olahraga populer sekaligus menciptakan suasana yang menyenangkan.

"Bayangkan kalau anak-anak itu duduk di kelas mendengarkan penjelasan tentang bullying, pasti membosankan. Mengapa sasarannya anak perempuan, karena kami ingin anak perempuan juga berperan mencegah bullying di sekolah," kata Amrullah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Ratiyono menuturkan, turnamen sepak bola putri Plan Indonesia jangan hanya berlangsung tiga kali dalam tiga tahun, tapi perlu dilanjutkan. Ke depan, semboyan belajar tanpa rasa takut akan menjadi sistem pembelajaran di sekolah-sekolah di Jakarta.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X