Wilayah Cyber Jadi Tantangan Besar Harkitnas

Kompas.com - 20/05/2012, 09:52 WIB
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menilai, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dapat digunakan Indonesia untuk mengukuhkan identitas nasional di wilayah cyber.

Menurutnya, wilayah cyber merupakan dimensi lain yang keberadaannya tak dapat dihindari dan harus dijaga dengan baik. Mantan Rektor ITS itu menjelaskan, dimensi cyber merupakan dimensi terkini setelah fisik, logika, etika, dan ideologi dalam lingkup bernegara.

"Identitas diri harus diperkuat termasuk di wilayah cyber. Karena kewilayahan negara kita yang belum tergarap dengan baik adalah wilayah cyber. Dan itu dapat dijadikan tema besar peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini," kata Nuh, Minggu (20/5/2012), di Jakarta.

Ia mencontohkan, penguatan wilayah cyber menjadi penting lantaran terkait dengan etika, dan moral bangsa, sekaligus sejalan dengan keberlangsungan NKRI di masa-masa yang akan datang.

"Lihat saja, perbatasan sudah kita jaga dengan memberi patok, tapi siapa yang mau menjaga wilayah cyber? Itu tantangan besar di Hari Kebangkitan Nasional. Jika tak ingin terasing, maka kita harus masuk ke wilayah itu. Menggarap sumberdaya dan semua peluang dalam cyber space," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.