Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jakarta Dirikan SMK Kesenian

Kompas.com - 24/05/2012, 06:53 WIB

Jakarta, Kompas - Sekolah menengah kejuruan kesenian akan didirikan di Jakarta. Sekolah ini akan mulai beroperasi pada tahun ajaran 2013-2014, tetapi embrionya sudah dimulai di SMK Negeri 57, Warung Jati Barat, Jakarta Selatan.

SMK kesenian ini akan didirikan di kompleks perkampungan Betawi Setu Babakan di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ”Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus membebaskan lahan di sana untuk mengembangkan perkampungan Betawi. Agar lebih menarik, SMK kesenian ini akan didirikan di sana,” kata Tiniah Budiarti, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (23/5).

Pendirian SMK kesenian di Setu Babakan diharapkan akan lebih mengangkat Setu Babakan sebagai pusat pengembangan budaya di Jakarta. ”Jakarta belum mempunyai SMK kesenian. Untuk itu kami sangat serius mempersiapkan pendirian sekolah ini. Kami pun menjamin lulusan SMK kesenian akan bisa diterima di perguruan tinggi di bidang kesenian seperti Institut Kesenian Jakarta,” kata Tiniah.

Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta Happy Agustin mengatakan, SMK kesenian akan menitikberatkan pada musik dan tari. ”Dinas Pariwisata yang akan menyediakan guru-gurunya,” kata Happy.

Sementara itu, Ida Subaidah, Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengatakan, rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta Ke-485 akan dimulai di Setu Babakan. ”Rangkaian acara itu akan dimulai dengan Gebyar Budaya Setu Babakan yang akan digelar pada hari Minggu (27/5),” kata Ida.

Setu Babakan dan budaya Betawi tidak bisa dipisahkan. Di kawasan itu masih tampak perkampungan Betawi yang unik, baik dari kondisi lingkungan, bangunan rumah yang masih bercirikan khas Betawi, maupun gaya hidup masyarakatnya yang masih memegang adat istiadat Betawi. Kampung itu juga terlihat sangat nyaman. (ARN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com