Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lulus UN, Peserta SNMPTN Dianggap Gugur

Kompas.com - 25/05/2012, 17:09 WIB

Kompas.com -  Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 jalur undangan yang tidak lulus ujian nasional (UN) dipastikan tidak akan diterima. Pengumuman penerimaan calon mahasiswa dari jalur undangan sendiri baru akan dilakukan setelah pengumuman UN 2012.

"Pengolahan hasil akhir seleksi SNMPTN jalur undangan masih menunggu pengumuman hasil UN secara serentak besok (26/5). Dijadwalkan Minggu (27/5) sore akan dilakukan cek silang dengan hasil UN," kata Prof.Ravik Karsidi MS, humas panitia SNMPTN Pusat.

Ia mengatakan, jadwal pengolahan hasil seleksi jalur undangan setelah pengumuman UN merupakan bentuk apresisasi para rektor terhadap jerih payah para kepala sekolah dan guru. Hal ini baru kali pertama diterapkan panitia SNMPTN.

Tahun lalu, lanjutnya, pengumuman jalur undangan lebih awal dari pengumuman hasil UN, namun disertai catatan jika tidak lulus UN tidak diterima. "Kalau sekarang sudah pasti bagi peserta yang tidak lulus UN namanya tidak akan muncul diterima jalur undangan," katanya.
     
Prof Ravik menjelaskan setelah Minggu (27/5) sore dilakukan cek silang hasil pengumuman UN, hasil seleksi SNMPTN jalur undangan akan diumumkan pada Senin (28/5) pukul 00.00 WIB dengan urutan pengolahan seperti menunjukkan bahwa hasil UN merupakan bagian untuk menentukan kelulusan SNMPTN.
     
Sementara itu pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis sampai saat ini masih terus bertambah dan diperkirakan setelah pengumuman UN Sabtu (26/5) akan bertambah lagi. Sampai kemarin jumlah pendaftar sudah di atas 200 ribu, katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com