Angka Kelulusan SMK DKI Nyaris 100 Persen

Kompas.com - 25/05/2012, 18:48 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan jadwal, hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/sederajat akan diumumkan pada pukul 00.01 di situs milik sekolah masing-masing. Hasil UN tahun ini dipastikan meningkat dan tingkat SMK nyaris mencapai angka kelulusan 100 %.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengungkapkan rasa bangganya pada siswa SMA/SMK karena berhasil meningkatkan angka kelulusan pada tahun ini. Ia mengatakan, kenaikan ini menandakan kualitas pendidikan di DKI Jakarta juga meningkat.

"Angka kelulusan tahun ini meningkat. Saya bersyukur dengan hasil ini. Untuk pengumumannya bisa dilihat nanti malam," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balaikota, Jakarta, Jumat (25/5/2012).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, angka kelulusan siswa DKI Jakarta untuk tingkat SMK mencapai 99,92 %, sedangkan tingkat SMA/MA mencapai angka 99,65 %. Secara rinci, menurut data Dinas Pendidikan DKI Jakarta, total peserta UN siswa SMA/MA tahun ini sebanyak 54.466 orang. Dari jumlah tersebut, siswa yang lulus mencapai 54.276 orang atau 99,65 %. Dengan demikian, jumlah siswa SMA/MA tidak lulus UN mencapai 190 orang atau sebanyak 0,35 %.

Adapun angka kelulusan peserta UN tingkat SMK, dari 64.986 siswa yang ikut UN, sebanyak 64.936 siswa atau 99,92 % dari total peserta dinyatakan lulus. Hanya 50 siswa atau 0,08 % tidak lulus pada UN tahun ini.

"Ini membuktikan, bahwa SMK tidak lagi bisa dipandang sebelah mata. Sejak tahun lalu, angka kelulusannya selalu lebih tinggi daripada SMA," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.