53.401 Siswa Lolos SNMPTN Jalur Undangan

Kompas.com - 26/05/2012, 15:08 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menetapkan jumlah siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan tahun ini. Tercatat, ada 53.401 siswa yang akan diterima di PTN melalui Jalur Undangan.

Sekretaris Umum Panitia SNMPTN 2012, Rochmat Wahab, menjelaskan, tahun ini ada 236.811 siswa yang mendaftar SNMPTN Jalur Undangan. Dari seluruh jumlah pendaftar, di dalamnya juga termasuk 75.034 siswa yang mendaftar program beasiswa bidik misi melalui Jalur Undangan.

"Yang lolos Jalur Undangan itu sekitar 22,55 persen, termasuk di dalamnya siswa penerima program bidik misi sebanyak 15.313 atau setara dengan 20,41 persen," kata Rochmat kepada para wartawan di gedung Kemdikbud, Jakarta, Sabtu (26/5/2012).

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menambahkan, dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pendaftar SNMPTN Jalur Undangan tahun ini meningkat sekitar 9 persen.

"Peningkatan itu sebagian besarnya dari penerima program bidik misi yang naik sekitar 7 persen," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seluruh siswa yang lolos SNMPTN Jalur Undangan diterima di 61 PTN penyelenggara. Selanjutnya, seluruh siswa tersebut harus melakukan registrasi di PTN penerima pada 12 dan 13 Juni mendatang. Informasi lengkap terkait dengan registrasi itu dapat dilihat melalui laman resmi masing-masing PTN.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X