Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Bidik Misi Mahasiswa PTS

Kompas.com - 31/05/2012, 02:34 WIB

Jakarta, Kompas - Pada tahun ini perguruan tinggi swasta juga akan memperoleh 2.000 beasiswa pembinaan Pendidikan Mahasiswa Berprestasi atau Bidik Misi khusus untuk empat program studi yang dinilai strategis. Keempat program studi itu adalah kedokteran, teknik, sains, dan akuntansi yang berakreditasi A.

Hal itu dikemukakan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Illah Sailah, Rabu (30/5), di Jakarta. ”Jumlahnya 2.000 beasiswa untuk tahap awal,” ujarnya.

Meski pemberian beasiswa Bidik Misi ini khusus untuk program studi dan PTS berakreditasi A, khusus di luar Jawa persyaratan akreditasi diturunkan menjadi akreditasi B. Ini disebakan sebagian besar PTS dan program studi berakreditasi A berada di Jawa.

Adapun untuk unit cost nilai setiap mahasiswa total Rp 6 juta per semester. Setiap bulan mahasiswa menerima Rp 600.000 per bulan sehingga total yang diterima Rp 3,6 juta. Sisanya, Rp 2,4 juta, diberikan kepada perguruan tinggi untuk biaya kuliah. Total nilai ini sama dengan yang selama ini diterima mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTSI) Edi Suandi Hamid yakin PTS tidak akan menolak pemberian beasiswa Bidik Misi, apalagi untuk membantu mahasiswa kurang mampu tetapi berprestasi. Hanya saja sebaiknya jumlah beasiswanya signifikan dengan jumlah PTS yang berkisar 3.000 PTS.

Sejak tahun 2010 hingga 2012 total alokasi beasiswa Bidik Misi sebanyak 90.000 beasiswa.

(LUK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com