Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Musyawarah, Aptisi Bahas Isu Aktual

Kompas.com - 31/05/2012, 14:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) hari ini, Kamis (31/5/2012) menggelar musyawarah wilayah DKI Jakarta. Selain mengevaluasi kegiatan Aptisi selama satu periode, musyawarah yang dihadiri raturan peserta itu juga membahas isu-isu aktual pendidikan tinggi.

Menurut Ketua Aptisi DKI Jakarta, Suyatno, salah satu isu aktual yang dibahas adalah mengenai Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU-PT). 

"RUU-PT masih sangat aktual karena semua stakeholders pendidikan terlibat dengan isu tersebut," kata Suyatno.

Selain RUU-PT, kata dia, isu lain yang menjadi topik utama dalam sidang pleno musyawarah Aptisi adalah mengenai sistem dan status akreditasi. Apalagi sampai saat ini masih ada sekitar enam ribu program studi yang tersebar di ribuan perguruan tinggi swasta (PTS) belum terakreditasi. Padahal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mematok batas akhir proses akreditasi tersebut, yakni pada 16 Mei 2012 lalu.

Semua program studi yang belum terakreditasi diancam tak dapat mengeluarkan ijasah ataupun mewisuda para mahasiswanya.

"Dari jumlah sekitar enam ribu itu, 90 persennya adalah program studi di PTS. Maka nanti akan kita bahas bagaimana sikap kita menanggapi permasalahan ini," ujarnya.

Dalam musyawarah ini juga akan dilakukan pemilihan Ketua Aptisi untuk wilayah DKI Jakarta. Ketua Aptisi Jakarta saat ini, yang juga merupakan Rektor Universitas Dr Hamka Jakarta, telah habis masa jabatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com