Inilah Panel Surya Karya Mahasiswa UI

Kompas.com - 31/05/2012, 20:55 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

DEPOK, KOMPAS.com — Mahasiswa Teknik Kimia angkatan 2008 Fakultas Teknik Universitas Indonesia merintis penggunaan sumber energi alternatif photovoltaic sharging station atau yang biasa dikenal dengan istilah panel surya (solar panel).

Mereka mengembangkan penggunaan panel surya sebagai sumber energi listrik dengan pemasangan instalasi modul phovoltaic cell di lingkungan Departemen Teknik Kimia FTUI. Proses instalasi proyek ini berlangsung tiga bulan, dari September hingga Desember 2011.

Photovoltaic cell atau panel surya merupakan sumber energi alternatif yang menggunakan tenaga surya (sinar matahari) sebagai sumber energi. Dengan material dasar silikon, panel surya bekerja memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi energi listrik.

Model panel surya ini dapat menghasilkan sumber energi listrik yang ramah lingkungan karena tidak memproduksi gas karbon dioksida. Model ini memiliki usia penggunaan cukup lama, yakni 25-30 tahun.

Dibandingkan dengan sumber energi listrik konvensional yang hanya dapat meredukasi gas karbon dioksida dan memproduksi listrik sebanyak 1.335 kWh per tahun, model panel surya ini diestimasi dapat mereduksi 0,6-1,2 ton gas karbon dioksida per tahun.

Saat ini, mahasiswa teknik kimia telah melakukan instalasi lima unit panel surya di lingkungan FTUI, yang setara dengan 815 watt-peak. "Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswa ini," tutur Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi UI Riri Fitri Sari.

Menurut dia, apa yang dilakukan para mahasiswa teknik kimia dapat mendorong sivitas akademika UI terus mengembangkan gaya hidup ramah lingkungan. Awalnya, penggunaan energi panel surya sebagai sumber energi merupakan bagian dari tugas mata kuliah Sustainable Energy.

Demikian informasi yang disampaikan Siane Indriani, Kepala Kantor Komunikasi UI, Kamis (31/5/2012).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.