Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar SNMPTN Bandung Lebihi Kuota

Kompas.com - 01/06/2012, 10:07 WIB

Kompas.com -  Calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012 jalur ujian tertulis atau keterampilan yang terdaftar di panitia lokal Bandung melebihi kuota kursi yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh panitia.
    
Namun, Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNMPTN 2012 Weny Widyowati di Bandung, Jumat, menjamin kelebihan kuota tersebut dapat diatasi oleh panitia.

"Memang panitia harus mengeluarkan upaya lebih untuk mempersiapkan kursi-kursi tambahan. Tetapi jangan khawatir, semua calon peserta yang telah memilih Bandung sebagai lokasi ujian pasti dapat tertampung," tuturnya.
    
Hingga Kamis 31 Mei 2012 pukul 17.14 WIB, calon peserta SNMPTN 2012 yang terdaftar di panitia lokal Bandung sebanyak 39.405. Jumlah tersebut terdiri atas calon peserta untuk kelompok ujian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebanyak 14.283 orang, kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebanyak 14.722 orang, dan kelompok Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) sebanyak 10.400 orang.
    
Awalnya panitia lokal Bandung menyediakan 35.800 kursi dan 1.800 kursi cadangan bagi calon peserta SNMPTN 2012 yang memilih Bandung sebagai lokasi ujian.
    
Weny mengatakan saat ini panitia lokal Bandung tengah mempersiapkan gedung-gedung sekolah yang tersebar di Kota Bandung untuk digunakan sebagai lokasi ujian.
    
Beberapa PTN di Kota Bandung seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), juga bisa menyediakan lokasi untuk penyelenggaraan SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada 12-13 Juni 2012.

"Saat ini kami tengah menunggu konfirmasi untuk persiapan gedung-gedung itu sebagai lokasi ujian," ujarnya.
    
Jumlah calon peserta SNMPTN 2012 jalur ujian tertulis yang terdaftar di panitia lokal Bandung masih dimungkinkan untuk bertambah karena panitia SNMPTN 2012 memperpanjang kesempatan pendaftaran secara online pada situs www.snmptn.ac.id hingga 2 Juni 2012. Namun, pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri telah ditutup sejak Kamis 31 Desember 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com