15.000 Siswa Tak Lulus UN SMP

Kompas.com - 01/06/2012, 15:39 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) jenjang SMP. Tercatat 3.681.920 siswa (99,57 persen) berhasil lulus UN.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, masih ada 15.945 siswa (0,43 persen) tidak lulus UN. Angka tersebut berasal dari 3.726.872 siswa yang secara sah mengikuti UN.

"Sebenarnya yang terdaftar jadi peserta UN itu 3,745.967 siswa, namun karena sejumlah persyaratan, akhirnya ada belasan ribu siswa yang batal mengikuti UN," kata Nuh di gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/6/2012).

Seperti diberitakan, peserta UN jenjang SMP diharuskan mengerjakan empat mata ujian, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Soal-soal tersebut dibagi ke dalam lima paket soal dengan standar keamanan sangat tinggi, dengan setiap soal memiliki kode tertentu yang menandakan tempat pencetakan soal. Dengan demikian, segala kecurangan dapat ditelusuri melalui kode-kode tersebut.

Dijadwalkan, baru Sabtu (2/6/2012) besok para siswa secara serentak akan menerima hasil UN melalui sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.