PENDIDIKAN

Mutiarani, Lulusan Terbaik Indonesia, Bukan dari RSBI

Kompas.com - 02/06/2012, 15:22 WIB
|
EditorThomas Pudjo Widijanto

SEMARANG, KOMPAS.com — Siswa lulusan UN terbaik peringkat 1 se-Indonesia, Mutiarani (18), ternyata bukan berasal dari sekolah rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Kepala SMK Negeri 2 Semarang, Supriyanto, Sabtu (2/6/2012), mengakui, sekolah tempat Mutiarani berhasil menjadi lulusan terbaik merupakan sekolah biasa.

"Kami sangat bersyukur Mutiarani yang tidak diduga ternyata berhasil membawa harum sekolah ini," kata Supriyanto. SMK Negeri 2 Semarang diampu 84 guru, kadang juga mendapat guru bantu dari China, khususnya mengajar Bahasa Mandarin selama dua semester.

Mutiarani di SMK mengambil jurusan akuntansi. Dalam kelasnya terdapat 39 siswa, hanya terdapat pelajar laki-laki satu orang. Tahun 2012, siswa yang lulus lebih kurang 320 siswa.

Supriyanto mengakui, meski bukan sekolah RSBI, tetapi sudah setahun ini sekolahnya bekerja sama dengan Politeknik Negeri Semarang membuka program D-1. Program D-1 sudah meluluskan 14 mahasiswa tahun ini dan berencana menerima pendaftaran mahasiswa baru.

Sedangkan Mutiarani mengemukakan, ia bersyukur bisa lulus dengan hasil yang baik. Dalam ujian nasional lalu, nilai yang diperolehnya nyaris sempurna, yaitu Matematika dapat nilai 10, Bahasa Indonesia 9,8, dan Bahasa Inggris 9,8. "Saya sudah dapat tawaran dari beberapa universitas untuk kuliah gratis dengan beasiswa penuh, tetapi belum memutuskan untuk menerima salah satunya. Saya ingin jadi guru atau dosen," kata Mutiarani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.