Dahlan Iskan Berbagi Ilmu Bisnis di UMN - Kompas.com

Dahlan Iskan Berbagi Ilmu Bisnis di UMN

Kompas.com - 04/06/2012, 19:42 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan membagikan ilmu entrepreneurship di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Gading Serpong, Senin (4/6/2012). Selain memberikan keynote speech, pada kesempatan ini Dahlan Iskan juga sekaligus mengesahkan YOURS (Young entrepreneur Association), yakni asosiasi mahasiswa UMN yang memiliki bisnis dan yang tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur.

Dalam kunjungannya ke UMN, Dahlan Iskan mengajak mahasiswa yang telah memulai bisnis untuk berbagi pengalaman, seperti jenis usaha, hambatan yang dihadapi, sikap dalam berbisnis, pembahasan mengenai omzet, bahkan pengalaman tertipu ketika menjadi seorang entrepreneur.

“Bisnis lebih baik dimulai sedini mungkin. Teman-teman yang sudah memulai bisnis sejak dini jauh lebih beruntung karena ekonomi Indonesia di tahun 2022 akan meningkat karena antara politik dan ekonomi akan semakin terpisah. Pada 2022, ekonomi yang akan mendikte politik,” kata Dahlan Iskan.

Untuk mengawali sebuah bisnis, Dahlan Iskan menganjurkan agar mahasiswa UMN dapat fokus menekuni satu bisnis saja. Setelah sampai pada skala tertentu, barulah dapat dikembangkan ke bidang yang lain. Dengan memulai bisnis sejak awal, generasi muda sudah merasakan kesulitan sehingga nantinya ketika di tahun 2022, mereka sudah menjadi matang dalam berbisnis karena sudah menjalani.

Selain Dahlan Iskan, juga hadir beberapa pembicara seminar CHEERS (Create High Enthusiasm of Entrepreneurship) yang juga diselenggarakan YOURS yakni Raja Sapta Oktohari (Ketua Umum HIPMI), Renard Widarto (Ketua Panitia ITB Entrepreneurship Challenge 2011), Ryan Putra Manafe (Former Project Manager of CEDS UI), dan Natali Ardianto (Founder dan Coordinator Startup Lokal). Mereka berempat membagikan tips-tips dan mengobarkan semangat kepada generasi muda untuk menjadi entrepreneur dan turut memajukan Indonesia.

YOURS (Young entrepreneur Association) merupakan sebuah asosiasi mahasiswa UMN yang memiliki bisnis dan yang tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur. Dengan demikian, YOURS diharapkan mampu menjadi sebuah wadah untuk menampung para mahasiswa yang sudah memiliki dan menjalankan bisnis sejak dini. (Lidwina/UMN)

 


EditorLaksono Hari W

Terkini Lainnya


Close Ads X