Insentif Guru Jangan Cuma Uang, Tapi Juga Pelatihan - Kompas.com

Insentif Guru Jangan Cuma Uang, Tapi Juga Pelatihan

Kompas.com - 06/06/2012, 16:16 WIB

Kompas.com - Dana ratusan juga yagn dikeluarkan pemerintah untuk program pendidikan gratis dinilai belum mampu meningkatkan kualitas guru. Karenanya pemberian insentif bagi guru seharusnya bukan cuma finansial tapi juga seminar dan pelatihan yang memang diperlukan untuk peningkatan kualitas para pendidik.

Menurut Ketua Ikatan Guru Sulawesi Selatan, Muhammad Ramli Rahim, peningkatan kapasitas guru seperti mengikuti seminar atau pelatihan kerap tidak dinikmati guru karena biasanya diambil alih kepala sekolah atau pejabat dinas pendidikan.

Kondisi itu, menurut Ramli, terutama dialami oleh guru-guru yang mengajar di pelosok pedesaan atau pesisir. Dengan alasan tempat yang jauh, seolah ada pembenaran untuk diwakilkan pihak lain.

"Padahal peningkatan kapasitas guru itu sangat penting, agar dapat mengajar dan mendidik lebih baik pada siswanya," katanya.

Fenomena lainnya, kepala sekolah yang mendapatkan kucuran dana bantuan operasional sekolah dan anggaran pendidikan dari APBD Sulsel dan kabupaten/kota, belum semuanya dibekali manajemen pengelolaan dan pelaporan keuangan.
    
Karena itu, lanjut dia, program pendidikan gratis Pemprov Sulsel harus dievaluasi lebih jauh, agar anggaran yang sudah dikeluarkan hingga Rp500 miliar lebih sejak 2008 tidak sia-sia.
   

 


EditorLusia Kus Anna

Terkini Lainnya


Close Ads X