Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Mengenal Astronomi Sambil Bermain

Kompas.com - 06/06/2012, 17:23 WIB
M Zaid Wahyudi

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com -- Belajar sains tak harus harus membuat kening berkerut, apalagi sampai stres. Belajar mengenal alam semesta dapat juga dilakukan sembari bermain. Hal itu yang dilakukan ribuan siswa dari berbagai sekolah di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur saat menyaksikan transit Venus, Rabu (6/6/2012).

Sembari menunggu giliran mengamati transit Venus melalui dua teleskop yang disediakan, para siswa dapat mengikuti berbagai permainan dan kegiatan kreatif mengenal alam semesta. Mulai dari ular tangga mengenal alam semesta, mewarnai, menulis kesan dan kartu pos tata surya. Bagi sebagian anak kota besar, permainan itu mungkin sering dilakukan. Namun bagi anak-anak Belu yang terletak di perbatasan Timor Leste, semua permainan itu merupakan pengalaman pertama bagi mereka.

Berbagai kegiatan itu dilakukan oleh Universe Awereness (Unawe) Indonesia, lembaga populerisasi astronomi yang memfokuskan kegiatannya pada anak-anak dengan berbagai pendekatan, termasuk mereka yang memiliki kondisi geografis khusus.

Ketua Dewan Penasihat Unawe Indonesia Premana W Premadi mengatakan, Unawe ingin terus menumbuhkembangkan semangat dan keingintahuan anak-anak untuk mengenal alam semesta. Dari perkenalan itu diharapkan membangun keingintahuan anak-anak terhadap peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di sekitarnya, bukan hanya fenomena astronomi.

Selama melihat melalui teleskop maupun melalui layar proyeksi, siswa sekolah yang berbaur dengan guru dan masyarakat umum bebas bertanya kepada petugas yang ada berbagai hal terkait transit Venus maupun perkembangan ilmu astronomi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com