Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seleksi OSN di Provinsi

Kompas.com - 07/06/2012, 11:21 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lebih dari 13.000 siswa-siswi terbaik yang mewakili kabupaten/kota masing-masing di seluruh Indonesia unjuk prestasi dalam olimpiade sains tingkat provinsi. Mereka terpilih setelah mengikuti seleksi olimpiade sains di tingkat kabupaten/kota.

Olimpiade Sains Provinsi (OSP) 2012 diselenggarakan serentak pada 5-6 Juni 2012 di 33 provinsi.

OSP kali ini akan melombakan delapan bidang studi, yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, dan kebumian (geosains).

Pelaksana Harian Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA Suharlan di Jakarta, Kamis (7/6/2012), menjelaskan, peserta yang sukses berkompetisi di tingkat provinsi selanjutnya akan berlaga dalam perhelatan akbar Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Kegiatan OSN diselenggarakan di Jakarta pada 2-7 September 2012. Peraih medali pada OSN 2012 akan diseleksi melalui pembinaan bertahap untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Sains Internasional 2013.

"Rangkaian kegiatan olimpiade sains secara berjenjang ini untuk menjaring siswa-siswi yang memiliki potensi, khususnya di bidang sains. Selain itu, diharapkan mereka dapat menumbuhkan budaya kompetitif yang sehat, meningkatkan wawasan pengetahuan," kata Suharlan.

Setiap siswa memperoleh kesempatan dan peluang yang sama untuk meraih prestasi di ajang olimpiade sains, mulai dari tingkat kabupaten hingga nasional. Mereka diharapkan mampu berkompetisi di delapan bidang studi yang dilombakan.

"Dengan demikian, peningkatan prestasi bisa tercapai di tiap daerah," ujar Suharlan.

Melalui OSP yang mengerucut pada OSN, lanjutnya, diharapkan semua dinas pendidikan kabupaten/kota mengapresiasi kegiatan olimpiade sains, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Proses seleksi dan mekanisme selama ini sudah berjalan dengan baik. Dinas kabupaten/kota juga menyambut baik dengan menganggarkan dana APBD sehingga kompetisi ini betul-betul selektif dan bergengsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com