Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buktikan Foto BB Angelina, KPK Panggil Wartawan Tribun

Kompas.com - 07/06/2012, 13:15 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (7/6/2012) menjadwalkan pemeriksaan terhadap wartawan foto Harian Tribun Timur, Abbas Sandji terkait penyidikan kasus dugaan suap penganggaran proyek Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Pendidikan Nasional.

Abbas akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka kasus itu, Angelina Sondakh. "Kita jadwalkan hari ini sebagai saksi AS (Angelina Sondakh)," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, melalui pesan singkat, Kamis.

Juru Bicara KPK, Johan Budi, Rabu (6/6/2012) mengatakan, Abbas akan dimintai keterangan seputar foto yang menggambarkan kepemilikan BlackBerry oleh Angelina Sondakh. Foto tersebut diambil Abbas pada 30 September 2009, saat gladi bersih pelantikan 520 anggota DPR 2009-2014.

Dalam foto tersebut, Angelina yang mengenakan pakaian cokelat muda, tampak memperlihatkan BlackBerry-nya kepada alm Adji Massaid, suami Angelina. "Maksud dan tujuan KPK untuk memastikan kembali soal gambar atau foto, dan saya kira ini sangat penting bahwa pers itu juga punya kontribusi yang besar dalam kaitan dengan pengungkapan sebuah kasus," kata Johan.

Seperti diberitakan, Angelina kerap membantah melakukan percakapan BlackBerry Messenger (BBM) dengan Mindo Rosalina Manulang. Angelina berdalih kalau dirinya baru menggunakan BlackBerry akhir 2010. Sementara penyidik KPK menemukan bukti transkrip BBM antara Angelina dengan Mindo yang dilakukan sebelum akhir 2009.

Percakapan BBM kedua wanita itu mengungkapkan adanya permintaan uang dari Angelina ke Muhammad Nazaruddin (bos Grup Permai) melalui Mindo. Menurut Mindo, uang tersebut diminta Angelina terkait kepengurusan anggaran proyek wisma atlet SEA Games. Adapun Mindo menjadi terpidana dua tahun enam bulan dalam kasus suap wisma atlet SEA Games.

KPK menetapkan Angelina sebagai tersangka atas dugaan menerima pemberian hadiah atau janji terkait proyek wisma atlet di Kemenpora dan proyek pembangunan fasilitas universitas-universitas yang digarap Kementerian Pendidikan Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com