Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Sering Absen, Mahasiswa IAIN Mataram Demo

Kompas.com - 08/06/2012, 12:39 WIB
Kontributor Kompas TV, Abdul Latif Apriaman

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram, Jum’at (8/6) pagi, menggelar unjuk rasa di Kampus IAIN Mataram. Aksi yang sudah berlangsung sejak awal pekan ini menyoal berbagai persoalan di kampus mereka, terutama terkait proses belajar mengajar yang terganggu karena banyaknya doses yang mendapat tugas belajar ke luar daerah.

Para mahasiswa juga mendesak agar diadakan audit independen terhadap pengelolaan keuangan kampus
yang dikelola oleh rektor. Dalam aksi yang diwarnai pembakaran ban bekas, para mahasiswa mengancam untuk melakukan boikot Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jika pihak rektorat tidak segera menanggapi tuntutan para mahasiswa.

“Tahun lalu IAIN memiliki 450 mahasiswa baru, tahun ini bisa-bisa tidak ada orang tua yang berani mendaftarkan anak mereka untuk kuliah disini jika manajemen lembaga ini tidak segera diperbaiki” kata Fauzi salah seorang pengunjuk rasa.

Fauzi mengaku lantaran kerap berdemo menyoal kebobrokan kampus mereka, dia dan sejumlah mahasiswa lainnya terancam untuk dipecat.

“Pihak kampus telah mendatangi orang tua kami, memprovokasi mereka dan  mengancam kelangsungan kuliah kami jika kami tetap berdemo,” katanya sambil menunjukkan surat dari dekan Fakultas Tarbiyah yang diterima orang tuanya.

Menanggapi aksi para mahasiswa, Pembantu Rektor III IAIN Mataram, Suherman menyatakan pihak kampus telah merespon tuntutan mereka hanya saja tidak serta merta semua tuntutan tersebut bisa dipenuhi.

Sementara itu terkait ancaman pemecatan terhadap sejumlah aktifis mahasiswa, Suherman berkilah pemanggilan orang tua itu bukanlah ancaman pemecatan. “ Pemanggilan itu hanyalah bagian dari upaya pembinaan dengan mengkomunikasikan persoalan mahasiswa dengan orang tua mereka” katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com