Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar SNMPTN di Undana Naik 30 Persen

Kompas.com - 11/06/2012, 11:32 WIB

Kompas.com - Jumlah pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) ke Universitas Nusa Cendana Kupang 2012 mencapai 8.341 orang atau naik 30 persen dari tahun 2011 yaitu 6.530.

Ketua panitia lokal SNMPTN Universitas Nusa Cendana (Undana), Dr.David BW Pandie, mengatakan sebanyak 8.341 orang itu total akan memperebutkan kouta yang tersedia untuk Undana Kupang sebanyak 3.510 orang untuk kategori strata satu (S1) 2.606 dan Strata dua (S2) 354 orang.   
 
"Kuota ini didasarkan pada daya tampung yang dimiliki, ketersediaan tenaga pengajar dan fasilitas pendukung lainnya, sehingga para peserta SNMPTN dipersilahkan berkompetisi untuk meraih angka atau nilai tertinggi," katanya.

Ia mengatakan, nilai tertinggi yang akan diambil pada setiap mata ujian dalam kelompok untuk selanjutnya mengisi kouta yang disediakan, sehingga penentuannya yang dilakukan secara nasional dan "online" atau langsung.

Dia mengatakan, metode seleksi ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah.
    
"Pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama  diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.
    
Selain itu, dasar dari seleksi itu adalah hasil rapat pengurus majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada Oktober 2011.  

   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com