Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Menwa Rela Begadang Kawal Soal

Kompas.com - 12/06/2012, 08:41 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com- Distribusi soal ujian saringan nasional masuk perguruan tinggi negeri atau SNMPTN yang berlangsung sejak dini hari tidak lepas dari kiprah resimen mahasiswa. Mereka turut membantu dengan mengawal naskah soal disebar ke 2.000 ruangan ujian.

Menurut pantauan Kompas sekitar pukul 05.00, hilir mudik menwa sudah terlihat dengan membawa kardus-kardus berwarna cokelat dari ruang penyimpanan soal ke mobil yang menanti di parkir gedung Labtek V. Setiap mobil sudah diparkir sesuai sektor masing-masing agar tidak tertukar. Di wilayah Bandung, ada 38 sektor.

Menurut salah satu anggota Menwa yang ditemui bernama M Zainudin MS, ada empat satuan yang dikerahkan untuk mengawal SNMPTN. Menwa dari empat perguruan tinggi negeri yakni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

"Tugas kami hanya mengawal soal," kata Zainudin, Selasa (12/6/2012).

Zainudin yang menjabat selaku Wakil Kepala Seksi Operasi Menwa Batalyon 2 Unpad, menjelaskan bahwa dia bersama rekan-rekannya sudah berada di sekretariat Panlok Bandung sejak sehari sebelumnya. Untuk menginap, mereka memanfaatkan ruang-ruang kuliah yang kosong.

Sementara itu, suasana distribusi soal juga tidak kalah meriah. Ada tiga meja yang sengaja disiapkan untuk menyediakan sarapan bagi panitia. Menu yang disediakan adalah roti bakar, bubur ayam hingga nasi goreng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com