Kompas.com - 12/06/2012, 11:01 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh memastikan ada ratusan ribu siswa bakal tak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hal itu terjadi lantaran jumlah pendaftar jauh lebih tinggi dibandingkan daya tampung SNMPTN 2012.

"Saya pastikan akan ada banyak siswa yang tidak lolos SNMPTN. Mau tidak mau, tapi itu pasti terjadi," kata Nuh saat melakukan inspeksi mendadak di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (12/6/2012).

Nuh menjelaskan, secara nasional pendaftar SNMPTN mencapai 618.804 ribu. Sedangkan daya tampungnya jauh lebih kecil, hanya sekitar 150 ribu. Dapat diartikan, hampir 500 ribu peserta SNMPTN yang tidak lolos.

"Yang belum berkesempatan diterima jangan berputus asa. Jumlah yg gagal jauh lebih banyak, masih ada kesempatan melalui jalur mandiri, atau politeknik dan perguruan tinggi swasta," ujarnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.