Kompas.com - 12/06/2012, 15:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta menjadi pendamping bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri berkebutuhan khusus. Para mahasiswa yang menjadi pendamping itu merupakan mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Keguruan.

"Mahasiswa yang mendampingi murid sudah terbiasa menghadapi para penderita cacat karena yang mereka lakukan sesuai dengan bidang pendidikannya," ujar Syamsi, dosen Bahasa Arab yang ditemui saat sedang mengawasi peserta SNMPTN berkebutuhan khusus di Gedung Daksinapati, UNJ, Rawamangun, Jakarta, Selasa (12/6/2012).

Setiap peserta berkebutuhan khusus dibantu dua pendamping. Seorang pendamping bertugas membacakan soal dan seorang lainnya membantu peserta memindahkan jawaban peserta ke lembar jawaban.

"Secara umum tidak ada kesulitan, cuma untuk soal-soal yang ada gambarnya agak sulit untuk menjelaskan," ungkap Ina Rachmawati, mahasiswi semester IV yang mendampingi Fakhri Muhammad Rosa, peserta tunanetra.

"Selain soal bergambar, soal cerita pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia juga sulit untuk dipahami siswa tunanetra," lanjut Ina.

Sesuai standar operasional pelaksanaan SNMPTN, peserta berkebutuhan khusus memang tidak diberi naskah soal dalam bentuk braille. Akan tetapi, pelayanan khusus diberikan melalui dua pendamping bagi setiap peserta ujian tulis.

Waktu pengerjaan soal untuk peserta berkebutuhan khusus juga dibedakan. Jika waktu normalnya 120 menit, peserta berkebutuhan khusus dibari waktu 30 menit lebih lama. Untuk tahun ini sendiri, tercatat 17 peserta berkebutuhan khusus mendaftar ujian tulis SNMPTN. Namun, hanya 15 peserta yang datang dan mengikuti ujian hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.