Kompas.com - 12/06/2012, 16:09 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Universitas swasta baru bakal beroperasi pada tahun 2013. Universitas yang berbasis pada pengembangan technopreneur ini didirikan fisikawan Indonesia ternama, Profesor Yohanes Surya.

Perguruan tinggi swasta bernama Surya University dibuka di Gading Serpong, Tangerang.

Yohanes Surya di Jakarta, Selasa (12/6/2012), mengatakan, universitas ini dibuat untuk mendukung lahirnya teknologi terdepan di Indonesia, termasuk juga lewat technopreneur. Untuk itu, Prof Yo, demikian Yohanes sering disapa, menggandeng para doktor Indonesia di luar negeri untuk menjadi pengajar.

Di kampus ini juga dikembangkan laboratorium yang nantinya dapat mendukung terciptanya teknologi-teknologi terbaru karya ilmuwan Indonesia. Ada tiga fakultas di Surya University yakni Fakultas Green Economy, Fakultas Clean Energy, dan Fakultas Life Sciences.

"Saya kembangkan inovasi dalam jurusan-jurusan untuk mendukung lahirnya technopreneur di Indonesia," ujar pendiri Surya Institute ini.

Sebelumnya, Prof Yo sudah mendirikan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya. Kampus ini untuk mendidik calon-calon guru sains dari daerah pedalaman.

Para doktor Indonesia dari luar negeri juga digandeng mengajari calon guru sains yang mumpuni ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.