Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTN di Padang Tak Naikkan Uang Kuliah

Kompas.com - 13/06/2012, 10:14 WIB

Kompas.com - Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Padang yakni Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini.
     
"UNP sendiri tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus SNMPTN tahun 2012," kata Rektor UNP yang juga penanggungjawab SNMPTN Panitia Lokal (Panlok) 17 Padang, Z. Mawardi Effendi, Selasa (12/6).
     
Dia menyebutkan, UNP mengerti keluhan orangtua tentang biaya yang harus dikeluarkan calon mahasiswa sewaktu pendaftaran ulang yang terbilang cukup besar. "Malah di UNP uang sumbangan kegiatan mahasiswa baru (SKMB) turun mencapai 26 persen," tuturnya.

Mawardi menambahkan, kebijakan kampusnya itu sesuai surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) PTN agar tidak menaikan uang pendidikan.
     
Menurut dia, kisaran biaya di UNP masih sama dengan tahun sebelumnya. Selain itu, biaya kuliah UNP relatif murah karena tidak dikenakan biaya transportasi dan asrama.
     
Sementara Febrin Anas Ismail selaku Ketua Panitia SNMPTN Panlok 17 Padang mengatakan Unand sendiri tahun ini belum memiliki rencana untuk menaikkan atau menurunkan uang kuliah. "Kita masih melakukan evaluasi terhadap tarif uang kuliah," katanya.

Dibandingkan tahun sebelumnya, dia berharap tahun ini tak ada perbedaan mendasar jumlah biaya pendidikan bagi peserta SNMPTN yang lulus seleksi pada 7 Juli 2012.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com