Kompas.com - 13/06/2012, 10:14 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Dua perguruan tinggi negeri (PTN) di Padang yakni Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand) tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tahun ini.
     
"UNP sendiri tidak akan menaikkan uang kuliah bagi peserta yang lulus SNMPTN tahun 2012," kata Rektor UNP yang juga penanggungjawab SNMPTN Panitia Lokal (Panlok) 17 Padang, Z. Mawardi Effendi, Selasa (12/6).
     
Dia menyebutkan, UNP mengerti keluhan orangtua tentang biaya yang harus dikeluarkan calon mahasiswa sewaktu pendaftaran ulang yang terbilang cukup besar. "Malah di UNP uang sumbangan kegiatan mahasiswa baru (SKMB) turun mencapai 26 persen," tuturnya.

Mawardi menambahkan, kebijakan kampusnya itu sesuai surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) PTN agar tidak menaikan uang pendidikan.
     
Menurut dia, kisaran biaya di UNP masih sama dengan tahun sebelumnya. Selain itu, biaya kuliah UNP relatif murah karena tidak dikenakan biaya transportasi dan asrama.
     
Sementara Febrin Anas Ismail selaku Ketua Panitia SNMPTN Panlok 17 Padang mengatakan Unand sendiri tahun ini belum memiliki rencana untuk menaikkan atau menurunkan uang kuliah. "Kita masih melakukan evaluasi terhadap tarif uang kuliah," katanya.

Dibandingkan tahun sebelumnya, dia berharap tahun ini tak ada perbedaan mendasar jumlah biaya pendidikan bagi peserta SNMPTN yang lulus seleksi pada 7 Juli 2012.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.