Kompas.com - 13/06/2012, 12:12 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah sukses menyelenggarakan pameran filateli tingkat Asia Pasifik pada tahun 1993, 1995, dan 2008, serta  pameran filateli tingkat dunia untuk remaja pada 1996, tahun ini Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan pameran filateli tingkat dunia.

Mengambil tema "Bringing to the world of peace through stamp", pameran ini akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 18-24 Juni 2012 mendatang.

Ketua Persatuan Filateli Indonesia (PFI), R Soeyono mengatakan, sedikitnya 70 negara telah mendaftar untuk mengikuti ajang prestasi filateli tingkat dunia ini. Pameran berskala internasional yang ke IV di Indonesia dalam bidang filateli ini akan menampilkan lebih dari 2.522 frame yang berasal dari negara peserta dan terdiri dari 11 kelas, termasuk di dalamnya koleksi kehormatan serta 80 stamp dealer dari dalam dan luar negeri.

"Sesuai dengan temanya, pameran ini dimaksudkan menjadi jembatan menuju dunia yang damai melalui prangko," kata Soeyono dalam jumpa pers yang digelar di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Secara langsung, ia mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan event langka ini dengan mengunjungi langsung lokasi pameran yang digelar tanpa dipungut biaya ini.  Selain akan menambah wawasan dan mengetahui perkembangan dunia yang diabadikan melalui prangko, dalam rangkaian acara ini juga akan dipamerkan prangko kuno dengan harga mencapai Rp 20 miliar, dan diluncurkannya paspor filateli yang menjadi perburuan para filatelis untuk mendapatkan cap di setiap stand penjualan prangko dalam dan luar negeri.

"Bagi masyarakat, khususnya pelajar diimbau untuk datang pada pameran bersejarah ini, karena ini event langka dan entah kapan Indonesia dipercaya lagi menyelenggarakan acara ini," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.