Atmakusumah: Buku Tidak Boleh Salah

Kompas.com - 14/06/2012, 12:43 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Dalam penulisannya, buku tidak boleh salah sama sekali. Apalagi, dalam penulisan nama tokoh, karena buku akan menjadi catatan sejarah yang berusia panjang dan menjadi acuan.

Demikian ditegaskan tokoh pers dan penulis buku Atmakusumah Astraatmadja dalam diskusi penulisan buku dan indeks yang diadakan Penerbit Buku Kompas di Jakarta, Kamis (14/6/2012).

Atmakusumah berbicara bersama dengan istrinya, yang juga seorang penulis buku dan pustakawati, Sri Rumiati Atmakusumah.

Atmakusumah menuturkan, ia masih bisa menerima jika ada kesalahan penulisan nama di koran atau majalah. "Kesalahan penulisan nama di koran atau majalah bisa segera diperbaiki pada terbitan berikutnya, tetapi kalau di buku, kapan perbaikannya? Bisa beberapa tahun kemudian. Karena itu, tidak boleh ada kesalahan penulisan di buku," katanya.

Sri Rumiati menuturkan, jika ada keraguan dalam penulisan sebuah buku, apalagi penulisan nama, sebaiknya dikonfirmasi pada pemilik nama itu atau keluarganya, atau dikonfirmasikan pada sumber lain.

Dicontohkannya, nama Presiden pertama Republik Indonesia selama ini dituliskan dengan Soekarno. Namun, ternyata ia tak keberatan dituliskan dengan Sukarno, sesuai ejaan baru. Nama Sultan Hamengku Buwono IX pun tak keberatan dituliskan dengan ejaan baru, bukan ejaan lama.

Atmakusumah dan Sri Rumiati juga menyoroti masih sering terjadi kesalahan penulisan indeks dalam buku di negeri ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.