Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMK Bikin Motor Berbahan Bakar Gas

Kompas.com - 15/06/2012, 13:23 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com — Siswa SMK Bina Utama, Kendal, Jawa Tengah, menciptakan sepeda motor dengan bahan bakar gas. Karya ini turut dipajang dalam pameran karya anak SMK di Pendapa Kabupaten Kendal.

Menurut Mochamad Abdul Ghofur, siswa SMK Bina Utama kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), kendaraan berbahan bakar gas diciptakan pada awal tahun 2012. Awalnya, para siswa tergerak dengan keresahan masyarakat kelas menengah ke bawah terkait naiknya harga bahan bakar minyak (BBM).

Gofur mengatakan, motor ini sangat irit jika dibandingkan dengan saat memakai bensin. Dengan 3 kilogram gas, sepeda motor ini bisa menempuh jarak sejauh sekitar 330 kilometer. "Kami sudah mencobanya, dan jauh lebih irit kalau dibandingkan dengan menggunakan bensin," kata Ghofur, Jumat (15/6/2012).

Senada dengan Ghofur, siswa lain, Agus Budiyono, menjelaskan, untuk membuat motor berbahan bakar gas, cukup memasang tabung gas ukuran 3 kilogram dan diberi selang di tempat keluarnya gas. Selang itu kemudian disambungkan ke karburator dan diberi komponen yang diberi nama gaster atau penampung gas. "Gaster ini kami yang membuat," katanya.

Gofur menambahkan, harga sebuah sepeda motor berbahan bakar gas Rp 20 juta. Terkait hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Biyanto, yang ikut menyaksikan pameran, mengaku bangga dengan karya tersebut. Selain irit, murah, dan ramah lingkungan, sepeda motor tersebut bisa menjadi pilihan untuk mengantisipasi naiknya harga BBM. "Dibuat yang banyak, kemudian dipasarkan secara massal," kata Biyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com