Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Bagikan 49.000 Buku ke Perpustakaan Desa

Kompas.com - 16/06/2012, 14:34 WIB

Kompas.com - Badan Perpustakaan Daerah Kalimantan Timur pada September 2012 akan membagikan 49.000 buku kepada 49 Perpustakaan Desa/Kelurahan yang tersebar di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kaltim.
    
"Saat ini buku-buku yang akan dibagikan ke perpustakaan yang tersebar di 49 desa dan kelurahan sedang memasuki tahap lelang, jika prosesnya sudah tuntas, maka kami segera membagikannya," ujar Kabid Pengembangan dan Pembinaan Badan Perpustakaan Kaltim Sumindar di Samarinda, Sabtu.
    
Dikatakannya, setiap perpustakaan desa maupun kelurahan mendapat satu paket buku yang berisi 1.000 eksemplar. Masing-masing paket terdapat 500 judul buku.
    
Selain mendapat bantuan buku, masing-masing perpustakaan desa tersebut juga mendapat bantuan dua rak buku, sehingga buku yang ada tersebut langsung bisa disusun rak yang penyerahannya dilakukan bersamaan.
    
Menurutnya, buku-buku yang akan diserahkan tersebut tidak langsung diberikan, pasalnya para petugas di perpustakaan itu harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) serta bimbingan teknis lebih dahulu yang digelar Badan Perpustakaan Kaltim.
    
Para petugas tersebut diwajibkan mengikuti Diklat dan Bimtek Perpustakaan agar buku-buku yang diberikan tidak disia-siakan. Di samping itu, diharapkan petugas dapat mengelola perpustakaan dengan lebih baik.
    
Proses pemberian bantuan buku dimulai dengan pemberitahuan ke Perpustakaan Umum di kabupaten dan kota masing-masing.  Perpustakaan Desa/Kelurahan yang memerlukan bantuan buku tersebut, sebelumnya telah mengajukan permohonan bantuan kepada Pemprov Kaltim.
    
Selanjutnya dari Pemprov Kaltim melanjutkan usulan dari daerah-daerah tu ke Badan Perpustakaan Nasional, sehingga dana untuk pembelian buku bagi perpustakaan desa tersebut bersumber dari APBN.
    
"Proses pengajuan mesti dilakukan perpustakaan desa melalui Perpustakaan Umum, karena perpustakaan di desa dan kelurahan itu berada di wilayah kabupaten dan kota masing-masing," kata Sumindar.
    
Salah satu daerah yang turut mendapat bantuan buku adalah Kabupaten Tana Tidung walau belum memiliki perpustakaan, namun kabupaten termuda di Kaltim ini berencana membangun perpustakaan.
    
Pembangunan Perpustakaan di Tana Tidung ini merupakan kerja sama antara Badan Perpustakaan dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Desa (BPPMD) Provinsi Kaltim.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com