Kompas.com - 19/06/2012, 09:49 WIB
EditorLusia Kus Anna

BANDUNG, KOMPAS - Akademi komunitas merupakan jenjang pendidikan lanjutan bagi murid sekolah kejuruan untuk mendapatkan spesialisasi dalam bidang terapan. Namun, nasibnya bergantung pada pembahasan Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi yang saat ini berlangsung di DPR.

Dengan akademi komunitas, siswa sekolah menengah kejuruan berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkelanjutan setingkat diploma 1 dan 2 ataupun memiliki kompetensi yang unik sesuai kebutuhan industri. ”Dengan akademi komunitas atau community college, siswa SMK juga berkesempatan untuk mendapat gelar terapan bila melanjutkan ke politeknik,” kata Direktur Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anang Tjahjono, di Bandung, Senin (18/6). Dalam sambutannya sewaktu membuka Rembug Nasional SMK Membangun Bangsa di Universitas Pendidikan Indonesia, Anang menyebut salah satu kendala dalam SMK adalah pendidikan lanjutan.

Ketua Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Indonesia Husein Syam menyatakan, pihaknya siap melatih para guru yang nantinya mengajar di akademi komunitas.

Rembug Nasional membahas, antara lain, membangun industri kreatif berbasis SMK, legalitas produk yang dihasilkan siswa SMK, dan menyiapkan calon guru profesional SMK. (ELD)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.