Kompas.com - 19/06/2012, 18:33 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com -- Anak-anak sekolah rumah (homeschooling) yang memegang ijazah Paket C (setara SMA) masih ada yang mengalami kesulitan untuk melanjutkan kuliah. Penyebabnya karena pemegang ijazah Paket C diragukan kualitasnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena) Budi Trikorayanto menyayangkan perlakuan diskriminatif dari beberapa perguruan tinggi terhadap pemegang ijazah Paket C. "Anak-anak homeschooling itu umumnya anak usia sekolah, bukan yang gagal ujian nasional di SMA lalu ikut Paket C. Tetapi perlakuan terhadap anak-anak homeschooling pemegang ijazah Paket C masih diskriminatif," kata Budi, Selasa (19/6/2012) di Jakarta.

Menurut Budi, di dalam ijazah Paket C telah jelas tertulis bahwa kedudukannya setara dengan ijazah SMA sederajat sekolah formal. Standar kelulusan peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) A (setara SD), B (setara SMP), dan C (setara SMA) sama seperti standar kelulusan di sekolah formal.

Asah Pena meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bisa terus menyosialisasikan kesetaraan ijazah paket dengan ijazah sekolah formal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.