Kompas.com - 25/06/2012, 14:22 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi X DPR yang membidangi pendidikan mendesak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengevaluasi anggaran fungsional pendidikan di kementerian/lembaga lain yang menyelenggarakan pendidikan. Hal itu dilontarkan Wakil Ketua Komisi X DPR Syamsul Bahri dalam rapat kerja antara DPR dan Mendikbud, Senin (25/6/2012) di Gedung DPR, Jakarta.

Syamsul mengatakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh harus melakukan evaluasi pada penggunaan anggaran pendidikan di luar Kemdikbud. Saat ini, anggaran pendidikan menyebar di antaranya ke Kementerian Agama dan kementerian/lembaga lainnya.

"Pak Menteri berhak mengevaluasi, dan meminta informasi mengenai itu kepada mereka (kementerian lain) karena, sesuai peraturan presiden, Mendikbud yang diminta bertanggung jawab atas pendidikan, bukan yang lain," kata Syamsul.

Evaluasi itu, kata Syamsul, berguna untuk mengontrol apakah anggaran pendidikan di kementerian/lembaga lain telah sesuai dengan strategi pembangunan pendidikan atau belum. Selama ini, Komisi X DPR menilai penggunaan anggaran pendidikan di luar Kemdikbud masih minim dari pengawasan.

"Pak Menteri (Mendikbud) bisa mengontrol semua anggaran agar kita tahu apakah anggaran digunakan sesuai strategi pendidikan atau tidak," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan bahwa usulan tersebut akan didiskusikan kembali. Saat ini, kata dia, yang terpenting adalah menjaga pendidikan tetap mendapatkan jatah minimal 20 persen dari jumlah APBN.

"Kami berterima kasih atas semua usulan, tapi tentu perlu dilakukan konsolidasi kembali untuk merealisasikannya," kata Nuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.