Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juarai Kompetisi Sains Dunia, Luthfi Dapat Beasiswa Unggulan

Kompas.com - 27/06/2012, 10:52 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberikan beasiswa unggulan kepada siswa berprestasi, Muhammad Luthfi Nurfakhri. Luthfi adalah siswa kelas XI SMAN 1 Bogor, yang berhasil menjadi juara III dalam Intel International Science and Engineering (ISEF) 2012 yang berlangsung di Pennsylvania, Amerika Serikat pada Mei 2012 lalu.

Secara simbolis, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad menyerahkan beasiswa tersebut pada Rabu (27/6/2012), di Gedung Kemdikbud, Jakarta. Dalam sambutannya, Hamid mengapresiasi baik pencapaian salah seorang putra terbaik Indonesia yang kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Ia berjanji, selain memberikan beasiswa unggulan, pihaknya akan mengembangkan hasil penelitian dan memproses hak paten atas alat yang diciptakan para siswa peserta ISEF 2012.

"Selain beasiswa, kami akan urus hak patennya. Apa pun juga, hasil karya anak-anak kita ini jangan sampai hilang ditelan zaman, dan harus dikembangkan," kata Hamid.

Pada 14-18 Mei 2012 lalu, para ilmuwan muda dari seluruh dunia termasuk Indonesia, berkumpul di Pennsylvania, Amerika Serikat untuk mengikuti kompetisi ilmu pengetahuan (sains) terbesar di dunia (ISEF) 2012. Ada tiga tim yang mewakili kontingen dari Indonesia, dan salah satunya adalah Muhammad Luthfi Nurfakhri. Di kompetisi tersebut, ia menyabet juara ketiga dalam ketegori teknik (elektris dan mekanik) untuk proyeknya yang berjudul "Digital Leaf Color Chart", sebuah alat untuk menentukan kebutuhan pupuk pada tanaman padi.

Atas prestasinya, ia berhak menerima hadiah berupa uang tunai sebesar 1.000 dollar AS dari penyelenggara lomba, dan piagam penghargaan dari pihak militer Amerika Serikat.

"Saya berharap alat ini dapat dimanfaatkan secara luas, dan saya bermimpi untuk melanjutkan kuliah nanti di luar negeri," ungkap Luthfi saat ditemui seusai acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com