Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puntung Rokok Diduga Pemicu Kebakaran di Dewi Sartika

Kompas.com - 27/06/2012, 16:07 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Musibah kebakaran yang melanda satu blok di Jalan Dewi Sartika, RT 04, RW 05, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, diduga berasal dari puntung rokok.

Hal tersebut diungkapkan Iwan (33), salah seorang penghuni rumah kontrakan.

"Di atas itu ada jemuran pakaian. Perkiraan saya ada puntung rokok di tumpukan kayu-kayu kaso gitu. Ketiup sama blower AC, saya enggak ngeh," ujarnya di lokasi kejadian, Rabu (27/6/2012).

Satu blok tersebut terdiri dari dua bagian, satu bagian depan yang terdiri dari satu rumah makan sate tegal, satu warung pulsa, dan lantai dua bangunan adalah warung internet. Sementara itu, bagian belakang blok tersebut adalah satu kantor dan tiga rumah kontrakan. Blok tersebut diketahui milik satu orang bernama Herni (68).

"Itu punya satu keluarga. Rumahnya petak-petak gitu. Satu rumah tante saya, satu rumah saya, dan saudara saya juga. Semuanya nomor 29," lanjutnya.

Penghuni lain, Mincu (47), mengatakan memanggil pemilik warnet ketika api membesar, untuk mengeluarkan 10 perangkat komputer. Dua unit komputer diketahui habis terbakar, sementara delapan lainnya dan tiga kulkas berhasil diselamatkan.

"Pemilik warung pulsa posisinya di atas. Dia teriak-teriak minta tolong madamin api. Akhirnya ya cuma bisa nyelametin segitu," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 dengan bantuan 13 mobil pemadam kebakaran. Warga dilarang memasuki lokasi kebakaran karena menghindari sisa puing yang membahayakan. Jalan Dewi Sartika kedua arah pun telah dibuka, meski sedikit tersendat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com