Kompas.com - 28/06/2012, 14:01 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) akan disahkan pada Juli 2012 mendatang. Hal itu dikatakan Anggota Komisi X DPR, Parlindungan Hutabarat kepada Kompas.com, Kamis (28/6/2012), di Jakarta.

Parlindungan menjelaskan, draf RUU PT telah selesai dibahas oleh Komisi X DPR bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sejak bulan lalu. Akan tetapi, karena alasan penyempurnaan, akhirnya pengesahan RUU PT ditunda atas dasar permohonan dari pemerintah.

"Drafnya kan sudah selesai, pemerintah juga telah menyempurnakan. Pertengahan Juli saya rasa bisa disahkan," kata Parlindungan.

Secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyampaikan hal yang sama. Ia optimistis RUU PT akan disahkan pada Juli mendatang. Saat ini, Kemdikbud terus menggenjot pembangunan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di setiap provinsi. Sebab, UU PT mengatur pengadaan minimal satu PTN di setiap provinsi dan daerah perbatasan. Baik itu universitas, mau pun sekolah tinggi.

"Saya optimistis RUU PT disahkan sebelum pertengahan Juli. Konsekuensi dari pengesahan itu adalah pembangunan minimal satu PTN di setiap provinsi," ujarnya.

Selain itu, kata Nuh, saat ini Kemdikbud juga tengah memetakan beberapa perguruan tinggi swasta yang statusnya akan ditingkatkan menjadi negeri.Menurutnya, langkah ini sejalan dengan dukungan pemerintah pada Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Kami sudah membuat list kampus swasta yang akan dinegerikan. Begitu RUU PT disahkan, semua konsekuensinya akan segera kita laksanakan," kata Nuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.