Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Imigran Gelap Kabur dari Mapolres Sidoarjo

Kompas.com - 28/06/2012, 17:40 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Untuk urusan melarikan diri atau kabur, imigran gelap memang jagonya. Tidak hanya saat ditampung di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim), saat ditampung di markas Polisi pun, mereka masih bisa mencari celah untuk kabur.

Pada Kamis (28/6/2012) siang, ruang penampungan sementara untuk puluhan imigran gelap di Mapolres Sidoarjo mendadak kosong. Mereka dipastikan kabur entah kemana. Menurut informasi yang beredar, mereka keluar satu per satu berpamitan untuk mencari makan, tapi tidak kembali.

Tempat penampungan mereka di ruang fitness center lantai 2 itupun mendadak kosong. Hanya tersisa beberapa tas milik imigran yang sengaja ditinggal.

Humas Polres Sidoarjo, AKP Zainal dikonfirmasi membenarkan kaburnya para imigran asal Afghanistan, Iran, dan Turki itu. Namun menurutnya, mereka sejak semalam sudah diserahkan ke pihak Imigrasi. "Karena di imigrasi belum menemukan tempat, mereka masih dititipkan di sini," katanya.

Para imigran yang berjumlah 37 orang terdiri dari 29 laki-laki, empat perempuan dan empat anak itu diamankan sejak, Rabu (27/6/2012) siang kemarin saat menyewa mobil penduduk menuju Surabaya. Rencananya, mereka akan menuju ke Australia melalui jalur laut.

Sebelumnya, mereka menaiki kapal dan mendarat di kawasan pesisir Sidoarjo tepatnya di Desa Tlocor Kecamatan Jabon. Sopir mobil yang curiga karena banyak warga asing dalam mobil itu kemudian menghubungi polisi.

Di tengah perjalanan mereka dihentikan dan mobil diarahkan ke Mapolres Sidoarjo. Beberapa orang imigran mencoba kabur saat akan dibawa ke Mapolres Sidoarjo. Namun mereka dapat ditangkap kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com