Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Idealnya, Jawa Barat Punya 14 PTN

Kompas.com - 01/07/2012, 10:26 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso menyatakan, jumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jawa Barat masih jauh dari angka ideal. Ia mengungkapkan, saat ini hanya ada enam PTN di Jawa Barat dengan jumlah penduduk pada rentang usia 19-22 tahun yang cukup tinggi.

Perbandingan jumlah mahasiswa dibanding jumlah penduduk usia kuliah di Jabar, kata Djoko, berkisar pada angka 18 persen. Adapun, untuk tingkat nasional mencapai 27 persen.

"Jabar masih di 18 sekian persen, itu rendah karena nasional totalnya 27 persen. Penyebabnya sekolahnya terlalu sedikit daya tampungnya," ujar Djoko, seusai membuka Kontes Robot Indonesia tingkat nasional di Sasana Budaya Ganesha Institut Teknologi Bandung, Sabtu (30/6/2012).

Menurut Djoko, idealnya terdapat 14 PTN di Jawa Barat yang terdistribusi merata di 26 kabupaten/kota. "PTN di Jawa Barat lebih sedikit dibanding di Jawa Tengah, sedangkan paling banyak di Jawa Timur lebih dari sepuluh. Jawa Barat yang jumlah penduduknya lebih banyak dari Jawa Timur idealnya mungkin bisa sampai 14," katanya.

Djoko mengatakan, Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud mendukung penuh upaya penambahan PTN di Jawa Barat, mulai dari pesisir utara di kawasan Cirebon hingga wilayah Kuningan dan Ciamis yang berbatasan dengan Jawa Tengah.

"Anggaran kalau pemerintah niat pasti ada. Sekarang kita sedang proses," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat Denny Juanda mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mengupayakan pengalihan status empat perguruan swasta di wilayah Jawa Barat menjadi PTN.

Empat perguruan tinggi itu adalah Universitas Siliwangi di Kota Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi di Kota Sukabumi, Universitas Swagati di Kota Cirebon, dan Universitas Singaperbangsa di Kabupaten Karawang.

Denny mengatakan, pengalihan status menjadi PTN yang didanai seluruhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu, masih terkendala pembebasan lahan. Untuk menjadi PTN yang daya tampungnya minimal 10 ribu mahasiswa, masing-masing perguruan tinggi itu harus memiliki lahan minimal seluas 30 ribu hektar.

"Semua diproyeksikan selesai 2012, tetapi ada pembebasan lahan belum selesai di empat lokasi itu. DPRD sudah setuju, tinggal percepatan proses di lokasi," papar Denny.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com