Tips Membaca Cepat

Kompas.com - 02/07/2012, 08:33 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda suka membaca, tetapi lamban dalam menyelesaikan "eksekusi" satu buku? Nah, Linda Saptadji dari Yayasan Anak Indonesia Suka Baca berbagi sejumlah tips dan trik membaca cepat. Seperti apa?

" Dalam membaca buku, kita harus mengetahui dulu apa garis besar dari buku tersebut," kata Linda, di Jakarta Book Fair, pekan lalu.

Ada lima tips yang menurut Linda bisa diterapkan agar bisa membaca dengan cepat:
1. Percepatlah bagian yang sudah Anda pahami. Jika Anda menemukan sub bab yang tidak penting atau familiar, Anda bisa melompatinya.

2.Perlambatlah ketika menemukan sesuatu yang baru dipahami. Perlambatan ini diperlukan untuk mencerna istilah-istilah yang baru dikenal atau baru ditemui.

3. Tidak mengeluarkan suara dalam membaca karena dapat memakan waktu lebih lama.

4. Usahakan tidak banyak bergerak saat Anda membaca. Gerak yang dihasilkan akan membuang waktu dan menghambat untuk membaca cepat.

5. Mental block. Artinya, ketika membaca buku jangan mulai berpikir kita sudah mengetahui isi dalam buku tersebut.

Selamat membaca!

 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Close Ads X