Kompas.com - 03/07/2012, 15:45 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU-PT) harus terhindar dari persoalan-persoalan yang sifatnya teknis. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk menjamin lamanya usia RUU tersebut. Sebab, hal-hal teknis berpotensi mengalami perubahan dalam waktu dekat.

"Kita hindari di RUU ini persoalan teknis. Agar tidak cepat diubah, karena perubahan akan lebih sulit dari pada membuat UU itu sendiri," kata Nuh, seusai rapat kerja bersama DPR, Selasa (3/7/2012), di Gedung DPR, Jakarta.

Ia kembali menegaskan bahwa RUU-PT hanya mengatur konsep besar tentang pendidikan tinggi. Segala hal yang bersifat teknis hanya sedikit disinggung dalam RUU dan akan diatur oleh Peraturan Pemerintah (PP) maupun Peraturan Menteri (Permen).

"Yang wilayahnya eksekusi kita atur dalam PP dan Permen. UU ini hanya menyantolkan saja," tegasnya.

Nuh menambahkan, langkah ini bukan untuk meredam dan menghindari protes keras dari masyarakat. Tetapi lebih untuk menjamin waktu pemanfaatan yang lebih lama dan lebih teratur.

"Tidak ada hubungannya dengan protes masyarakat. Hanya agar usianya lebih lama, maka kita hanya mengatur yang prinsip-prinsip saja," kata Nuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.