Kompas.com - 04/07/2012, 11:20 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia melakukan aksi demo di depan Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI), Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/7/2012). Mereka menyatakan penolakan atas kenaikan Dana Pengembangan (DP) Profesi FKG UI dari Rp 10 juta  menjadi Rp 15 juta rupiah.

"Tuntutan kami ada dua. Pertama, kami menolak dana kegiatan profesi di FKG . Dan kedua, menuntut transparansi SUC (Student Unit Cost), yaitu daftar kenaikan biaya kuliah yang menjadi alasan DP itu mahal," kata Faldo Maldini, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

Faldo menambahkan, mahasiswa sudah membicarakan masalah ini kepada dekanat, tetapi tidak mendapatkan tanggapan yang jelas. Oleh karena itu, BEM UI menuntut kepada rektorat untuk turut andil menuntaskan masalah biaya perkuliahan di FKG.

"Ada keanehan. Dekanat menjelaskan, ini kebijakan rektorat. Rektorat bilang ini adalah masukan dari dekanat," tambah Faldo.

Kenaikan biaya ipni juga dinilai tanpa sosialisasi. Selain dana pengembangan profesi, mahasiswa FKG UI juga harus membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 7,5 juta per semester.

Faldo melanjutkan, kenaikan biaya DP dan dana BOP merupakan angka yang besar dan di luar kemampuan bagi banyak kalangan. Padahal, di FKG dan beberapa fakultas lain di UI, program S1- Profesi merupakan program yang harus diambil jika mahasiswa ingin menjadi profesional di bidangnya.

Tuntutan mahasiswa, kata Faldo, agar pihak rektorat membatalkan rencana kenaikan biaya tersebut karena  membebani mahasiswa yang ingin melanjutkan studi untuk menjadi profesional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.