Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI Tuntut Pembatalan Kenaikan Biaya Kuliah

Kompas.com - 04/07/2012, 11:20 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa Universitas Indonesia melakukan aksi demo di depan Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI), Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/7/2012). Mereka menyatakan penolakan atas kenaikan Dana Pengembangan (DP) Profesi FKG UI dari Rp 10 juta  menjadi Rp 15 juta rupiah.

"Tuntutan kami ada dua. Pertama, kami menolak dana kegiatan profesi di FKG . Dan kedua, menuntut transparansi SUC (Student Unit Cost), yaitu daftar kenaikan biaya kuliah yang menjadi alasan DP itu mahal," kata Faldo Maldini, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

Faldo menambahkan, mahasiswa sudah membicarakan masalah ini kepada dekanat, tetapi tidak mendapatkan tanggapan yang jelas. Oleh karena itu, BEM UI menuntut kepada rektorat untuk turut andil menuntaskan masalah biaya perkuliahan di FKG.

"Ada keanehan. Dekanat menjelaskan, ini kebijakan rektorat. Rektorat bilang ini adalah masukan dari dekanat," tambah Faldo.

Kenaikan biaya ipni juga dinilai tanpa sosialisasi. Selain dana pengembangan profesi, mahasiswa FKG UI juga harus membayar Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp 7,5 juta per semester.

Faldo melanjutkan, kenaikan biaya DP dan dana BOP merupakan angka yang besar dan di luar kemampuan bagi banyak kalangan. Padahal, di FKG dan beberapa fakultas lain di UI, program S1- Profesi merupakan program yang harus diambil jika mahasiswa ingin menjadi profesional di bidangnya.

Tuntutan mahasiswa, kata Faldo, agar pihak rektorat membatalkan rencana kenaikan biaya tersebut karena  membebani mahasiswa yang ingin melanjutkan studi untuk menjadi profesional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com