Kompas.com - 04/07/2012, 13:02 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 90 mahasiswa Indonesia meraih beasiswa Erasmus Mundus untuk mengikuti program studi S-1, S-2, dan S-3 dari Uni Eropa. Program ini diberikan kepada mahasiswa Indonesia mulai tahun akademik 2012.

Penerima beasiswa Erasmus Mundus tahun ini akan menempuh pendidikan sekurang-kurangnya di dua perguruan tinggi berlainan dan terletak di negara Eropa yang berbeda.

Duta Besar atau Kepala Delegasi Uni Eropa di Indonesia Julian Wilson secara langsung memberikan sertifikasi beasiswa tersebut kepada para mahasiswa penerima di Jakarta, Rabu (4/7/2012).

"Selamat kepada para penerima beasiswa atas keberhasilan mereka melalui proses seleksi yang diikuti oleh peserta dari sejumlah negara di seluruh dunia itu," kata Julian.

Menurut dia, beasiswa Erasmus Mundus memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk membangun masa depan yang lebih baik dan kesempatan berharga untuk belajar tentang kebudayaan, bahasa, serta sistem akademik di berbagai perguruan tinggi terbaik di Eropa.

"Kami berharap sekembalinya mereka ke Indonesia nanti, mereka dapat berkarya di bidangnya masing-masing dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Indonesia," ungkapnya.

Program Erasmus Mundus, yang didanai oleh Uni Eropa ini, bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan keahlian dan kemampuan sumber daya manusia, meningkatkan pemahaman antarbudaya.

"Selain itu juga guna mendukung kerja sama antar-lembaga-lembaga perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain," ujar Wilson.

Saat ini terdapat 131 program Magister S-2 Erasmus Mundus dan 34 program Doktoral S-3 Erasmus Mundus yang ditawarkan. Di antaranya mencakup berbagai bidang, seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum, serta ilmu pengetahuan budaya atau sastra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.