Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

90 Mahasiswa Indonesia Raih Beasiswa ke Eropa

Kompas.com - 04/07/2012, 13:02 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 90 mahasiswa Indonesia meraih beasiswa Erasmus Mundus untuk mengikuti program studi S-1, S-2, dan S-3 dari Uni Eropa. Program ini diberikan kepada mahasiswa Indonesia mulai tahun akademik 2012.

Penerima beasiswa Erasmus Mundus tahun ini akan menempuh pendidikan sekurang-kurangnya di dua perguruan tinggi berlainan dan terletak di negara Eropa yang berbeda.

Duta Besar atau Kepala Delegasi Uni Eropa di Indonesia Julian Wilson secara langsung memberikan sertifikasi beasiswa tersebut kepada para mahasiswa penerima di Jakarta, Rabu (4/7/2012).

"Selamat kepada para penerima beasiswa atas keberhasilan mereka melalui proses seleksi yang diikuti oleh peserta dari sejumlah negara di seluruh dunia itu," kata Julian.

Menurut dia, beasiswa Erasmus Mundus memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk membangun masa depan yang lebih baik dan kesempatan berharga untuk belajar tentang kebudayaan, bahasa, serta sistem akademik di berbagai perguruan tinggi terbaik di Eropa.

"Kami berharap sekembalinya mereka ke Indonesia nanti, mereka dapat berkarya di bidangnya masing-masing dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Indonesia," ungkapnya.

Program Erasmus Mundus, yang didanai oleh Uni Eropa ini, bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan keahlian dan kemampuan sumber daya manusia, meningkatkan pemahaman antarbudaya.

"Selain itu juga guna mendukung kerja sama antar-lembaga-lembaga perguruan tinggi di Eropa dan negara-negara lain," ujar Wilson.

Saat ini terdapat 131 program Magister S-2 Erasmus Mundus dan 34 program Doktoral S-3 Erasmus Mundus yang ditawarkan. Di antaranya mencakup berbagai bidang, seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hukum, serta ilmu pengetahuan budaya atau sastra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com