Kompas.com - 04/07/2012, 15:45 WIB
|
EditorSonya Hellen Sinombor

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia dan Schlumberger menjalin kerjasama berupa sumbangan E&P (Exploration and Production) software Schlumberger state-of-the-art Petrel™, yang akan digunakan untuk keperluan pengembangan ilmu pengetahuan dalam eksplorasi migas kepada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Bantuan senilai 3,7 juta USD diberikan ke pihak UI pada Rabu (4/7/2012) di Kampus UI Depok, Jawa Barat. Dalam acara penandatanganan nota kesepahaman ini, Wakil Rektor UI Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerjasama Industri, Sunardji mengatakan geosciences memiliki peran penting dalam menjaga keamanan energi, terutama dalam mencari reservoir hidrokarbon di bawah permukaan.

Dalam waktu dekat, UI akan membentuk Departemen Geosciences di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Inisiasi geosains departemen sudah dilakukan di Departemen Fisika pada konsentrasi Geofisika Reservoir untuk program sarjana dan pascasarjana.

Sunardji mengatakan UI berterima kasih kepada Schlumberger atas peran mereka dalam memperkaya mahasiswa dengan keterampilan dan kontribusi terhadap peningkatan daya saing mereka dalam skala global.

"Pendidikan adalah dasar membangun generasi profesional yang memiliki peran dalam mempertahankan sumber daya alam dan energi untuk membawa orang. Kami percaya bahwa pembangunan berkelanjutan dapat dicapai dengan kemitraan antara pendidikan teoritis, pelatihan profesional dan industri," kata Phil Ward, Geomarket Manager Indonesia (ING

Phil mengatakan kerjasama dengan universitas dan mahasiswa di UI diharapkan dapat membantu mereka memperoleh pengalaman dan mengembangkan kemampuan mereka untuk kepentingan industri di Arab Saudi.

Selain itu, sumbangan ini akan diikuti oleh serangkaian sumbangan teknologi yang dibuat oleh Schlumberger geologi, geofisika, petrofisika, pengeboran, dan rekayasa reservoir di FMIPA UI.

Sekretaris Fakultas MIPA UI, Abdul Haris mengatakan kerja sama ini menandai tonggak lain dalam hubungan antara UI dan Schlumberger. "Kami berharap kolaborasi lebih lanjut untuk kemajuan penelitian dan pengembangan dalam minyak dan gas industri dan magang mahasiswa masuk," kata Abdul.

Perjanjian ini terjalin sebagai bentuk komitmen UI memfasilitasi mahasiswa UI khususnya mahasiswa Geofisika melalui tindakan-pengalaman dan dukungan pengembangan keterampilan minyak masa depan dan profesional gas di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.