Kompas.com - 04/07/2012, 19:50 WIB
Penulis M Latief
|
EditorLatief

BEPPU, KOMPAS.com — Peluang beasiswa bagi pelajar Indonesia menimba ilmu di Jepang masih terbuka lebar. Salah satu peluang emas itu seperti yang ditawarkan Ritsumeikan Asia Pacific University di Beppu, Jepang.

Dahlan Nariman, Vice Dean of Admissions, Associate Professor, Education Development, and Learning Support Center (EDLSC) di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), kepada Kompas.com di Beppu, Jepang, Rabu (4/7/2012), mengungkapkan, setiap tahun APU menggelontorkan tak kurang dari Rp 45 miliar untuk beasiswa mahasiswa internasional. Anggaran beasiswa tersebut tidak berlaku untuk pelajar Jepang, melainkan khusus mahasiswa asing atau internasional, termasuk Indonesia.

"Tidak ada kuota untuk sebuah negara penerima sehingga kesempatan ini terbuka lebar untuk rekan-rekan pelajar Indonesia, terutama jenjang sarjana (S-1)," papar Dahlan dalam rangka persiapan pelaksanaan Indonesia Week 2012.

Dia mengatakan, biaya kuliah (tuition fee) di APU per tahun mencapai Rp 130 juta, termasuk yang berlaku bagi pelajar Jepang sendiri. Umumnya para pelajar Indonesia menimba ilmu di kampus ini karena berhasil meraih beasiswa.

"Beasiswa ini tidak berlaku untuk pelajar Jepang, tetapi untuk mahasiswa internasional, sehingga semakin besar kesempatan meraihnya. Sayang sekali kalau ini dilewatkan," kata Dahlan menambahkan.

Adapun skema beasiswa uang kuliah tersebut terdiri dari beberapa besaran persentase, mulai dari beasiswa 30 persen, 50 persen, 65 persen, 80 persen, hingga 100 persen (full tuition fee). Calon penerima bisa mendapatkan salah satunya, tergantung kemampuannya..

"Tahun lalu, yang paling banyak mengambil beasiswa 100 persen itu para pelajar dari Vietnam. Jadi, sayang sekali kalau disia-siakan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.