Kompas.com - 06/07/2012, 08:41 WIB
Penulis M Latief
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com - Jangan anggap remeh tawaran menghuni asrama (dormitory), terutama ketika studi di luar negeri. Di Jepang, khususnya di Ritsumeikan Asia Pacific University (APU), Beppu, menghuni asrama bersama satu kamar dengan mahasiswa internasional ternyata banyak manfaatnya. Apa saja?

AP House atau asrama mahasiswa Ritsumeikan APU yang diperuntukkan bagi mahasiswa di tahun pertama kuliah. Di sini, dengan pengawasan ketat dari pengelola, terutama di sharing room, mahasiswa akan sekamar dengan mahasiswa Jepang. Mereka akan hidup bersama, makan bersama, serta belajar bersama, terutama tentang budaya Jepang. Berikut tiga hal bermanfaat yang pertama kali bisa kita dapatkan ketika menghuni asrama kampus:

Bahasa

Belajar bahasa Jepang secara langsung dan intensif, meski bukan dalam bentuk formal bisa didapatkan dari teman sekamar. Kebiasaan-kebiasaan berbahasa anak muda atau "bahasa gaul" juga bisa dipelajari dengan roommate kita. Kesalahan berbahasa, baik di kelas maupun pergaulan tentu bisa langsung diperbaiki dengan teman sekamar kita ini.

Makanan

"Gagap budaya" ketika pertama kali menginjakkan kaki di Jepang tentu ada, meskipun jangka waktunya berbeda-beda pada setiap orang. Mereka yang mudah beradaptasi tentu bukan masalah. Sebaliknya, mahasiswa/mahasiswi yang sulit menyesuaikan diri soal pilihan makanan tentu jadi masalah.

Untuk itu, kebiasaan atau budaya makan ala Jepang bisa langsung didapatkan dari teman sekamar. Apalagi, jika hal itu berhubungan dengan alergi makanan, haram atau halal, dan sebagainya, tentu rekan sekamar kita ini lebih tahu mana yang cocok untuk kita.

Pergaulan

Bagaimana cara menyapa atau menjawab sapaan yang sopan sesuai adat istiadat di Jepang? Bagaimana adab bertamu atau memberi hadiah kepada teman di Jepang?

Rekan sekamar tentu bisa mencarikan jawabannya secara langsung. Sebutlah, perkenalan kita dengan teman-teman roommate kita yang juga dari Jepang ini perlahan akan membawa wawasan pergaulan baru untuk kita. Kecanggungan bergaul pun menjadi pelajaran berharga asalkan kita sudah tahu caranya yang tepat lewat transfer ilmu bergaul dari rekan sekamar kita ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.