Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Tampung Ujian Tulis SNMPTN Ditambah 10 Persen

Kompas.com - 06/07/2012, 21:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur ujian tertulis dan keterampilan secara keseluruhan meningkat 14,39 persen dibandingkan dengan pendaftar 2011 lalu.

Adapun, untuk daya tampungnya, secara nasional SNMPTN jalur tulis juga ditambah 10 persen. Semula hanya akan menampung 106.368 siswa di 61 PTN penyelenggara. Akhirnya meningkat jadi 123.419 siswa.

"Pendaftarnya meningkat, otomatis siswa yang diterima juga harus kita naikkan," kata Djoko dalam jumpa pers pengumuman hasil ujian tulis SNMPTN, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (6/7/2012).

Ia menjelaskan, ditambahnya daya tampung dalam ujian tulis SNMPTN merupakan upaya untuk mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia.

"Untuk meningkatkan APK, daya tampung PTN diminta untuk dinaikkan minimal 10 persen, sehingga daya tampung untuk jalur tertulis juga otomotis bertambah," jelasnya.

Pengumuman peserta ujian yang lolos SNMPTN telah berlangsung sejak pukul 19.00 WIB secara online melalui website http://www.snmptn.ac.id, http://snmptn.ui.ac.id, http://snmptn.itb.ac.id, http://snmptn.undip.ac.id, http://snmptn.its.ac.id.

Bisa pula diunduh di Kompas.com, caranya dengan klik link berikut ini untuk versi PDF (10 MB) atau klik link berikut ini untuk versi TXT (1 MB).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com