Kompas.com - 17/07/2012, 11:21 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KUPANG, KOMPAS.com - Komisi X DPR RI berjanji akan memperjuangkan Universitas Timor (Unimor) di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) sehingga semakin banyak orang dapat menikmati pendidikan di perguruan tinggi itu. Hal itu dikatakan anggota Komisi X DPR RI Jefrison R Riwu Kore, di Kupang, Senin (16/7/2012).

"Kami dari Komisi X akan ikut memperjuangkan Unimor menjadi perguruan tinggi negeri seperti Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, sehingga lebih banyak orang NTT bisa menimba ilmu di perguruan tinggi negeri," kata Jefrison, saat berdialog dengan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Pernyataan Jefrison ini juga menanggapi permintaan masyarakat NTT agar Unimor menjadi PTN. Menurut dia, pengurus Yayasan Unimor sudah mengajukan permohonan tertulis kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengubah status Unimor dari perguruan tinggi swasta menjadi PTN.

"Secara administrasi, usulan mengubah Unimor menjadi perguruan tinggi negeri sudah ada di meja Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Namun, perubahan itu masih mengalami kendala karena masalah tanah yang akan menjadi lokasi berdirinya Unimor belum jelas statusnya," kata Jefri.

Ia mengungkapkan, pihak Yayasan Unimor harus terus melakukan pengawalan proses perubahan Unimor menjadi perguruan tinggi negeri.

Menurut Wakil Ketua Komisi X Syamsul Bachri, sudah waktunya NTT memiliki satu lagi PTN, sehingga kebutuhan dasar setiap orang untuk mendapatkan pendidikan bisa terjawab.

"Komisi X akan terus mengawal proses perubahan Unimor menjadi perguruan tinggi negeri di Kabupaten TTU," kata Syamsul.

Sementara itu, Gubernur NTT Frans Lebu Raya menjelaskan, provinsi itu memiliki 47 perguruan tinggi yang tersebar di 11 kabupaten dan kota, yakni perguruan tinggi Kristen sebanyak 17 perguruan tinggi dan perguruan tinggi umum (negeri dan swasta) sebanyak 30 perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Kristen yakni Universitas Widya Mandira, Universitas Kristen Artha Wacana, Akademi Keuangan dan Perbankan Effata, Sekolah Tinggi Ilmu Pastoral Agung Kupang, Sekolah Tinggi Agama Kristen Informatika Timor, dan Seminari Tinggi Santo Mikael Penfui.

"Enam Perguruan Tinggi Kristen tersebut berada di wilayah Kota Kupang," katanya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.