Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISI Bahas Kerjasama Dua Perguruan Tinggi AS

Kompas.com - 17/07/2012, 22:04 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com--Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Prof Dr I Wayan Rai S MA menerima kunjungan  President of Calarts California, Amerika Serikat  Steven D Lavine untuk membahas kerja sama bidang pendidikan dan seni kedua lembaga pendidikan tinggi tersebut.

"Kerja sama kedua lembaga pendidikan tinggi seni lintas negara itu diharapkan mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah piihak dalam meningkatkan mutu proses belajar mengajar," kata Humas ISI Denpasar, Ni Ketut Dewi Yulianti, SS MHum di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, pertemuan Rektor ISI dengan Steven D.Lavine yang didampingi salah seorang staf pengajarnya yang juga seorang putra Bali Prof Dr.I Nyoman Wenten berlangsung akrab.

Prof Rai dalam kesempatan yang sama juga menerima kunjungan President Center for World Music, California, Dr Lewis Peterman beserta dosen dan mahasiswanya.

Dr Lewis Peterman merupakan dosen dari Prof Rai saat belajar di San Diego, AS sudah sering berkunjung ke Bali, khusus ISI Denpasar.

Ia menilai, ISI Denpasar mengalami perkembangan yang pesat dan terus berkembang dalam mencetak sarjana  bertalenta di bidang seni.

Hal itu mempunyai peran yang sangat penting, karena seni-budaya Bali sangat dikagumi masyarakat internasional, ujar  Dr Lewis Peterman.

Kedua tamu dari Amerika Serikat itu disambut dengan tarian Bali antara lain suguhan tari Selat Segara, Jauk Manis, Satya Brasta, dan permainan gender wayang yang dibawakan oleh anak-anak Asti Kumara, ISI Denpasar.

Prof Rai mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam atas kunjungan dari kedua institusi tersebut dan kerja sama diharapkan segera terealisasi.

Steven D. Lavina dalam mengungkapkan kekagumannya pada ISI Denpasar atas kemajuan yang diraihnya selama ini.

Pihaknya ingin agar dosen  ISI dapat menyelesaikan studi S-2 dan S-3 di kampusnya sekaligus menemukan jati diri. CALARTS selama ini mencetak sutradara-sutradara piawai yang mensutradarai hampir semua film animasi Hollywood.

ISI Denpasar terus memperluas jaringan dengan dunia internasional, hingga kini telah menjalin kerja sama dengan sekitar 35 perguruan tinggi lintas negara.

Kerja sama dengan puluhan perguruan tinggi seni dan berbagai pihak di mancanegara, sebagai upaya menjadikan  ISI Denpasar "go internasional".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com