Kompas.com - 19/07/2012, 12:41 WIB
|
EditorFarid Assifa

BORONG, KOMPAS.COM - Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Selamat Fransiskus prihatin minimnya fasilitas perpustakaan di Manggarai Timur. Padahal, kata dia, minat baca siswa baik SD, SMP maupun SMA sangat tinggi.

Disebutkannya, di Kabupaten Manggarai terdapat 402 sekolah mulai SD, MI, SMP, SMA dan MA. Namun fasilitas perpusatakaan totalnya baru 187 unit. Fasilitas yang kurang ini tidak menunjang kemampuan anak-anak di bidang membaca.

Fransiskus menegaskan, sekolah bertugas mendidik siswa dan siswi agar cerdas dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Untuk peningkatan ilmu pengetahuan, sumber utamanya berada di perpustakaan. "Bagaimana ilmu pengetahuan siswa dan siswi ditingkatkan tanpa ada perpustakaan?" tanya Fransiskus.

Menurutnya, wadah untuk menyalurkan kemampuan siswa dan siswi dari tingkat SD sampai SMA belum tersedia dengan baik. Dia mencontohkan, waktu istirahat, sekolah berani memberikan bola untuk bermain, dan anak-anak pun bermain, itu karena ada fasilitasnya. "Coba ada perpustakaan, pasti anak-anak akan terus membaca buku-buku selain yang diberikan oleh guru-guru," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.